SahabatKu

Mobil Bebas Cat Dapat Menjadi Tren Di Masa Depan

Kategori Kimia Material
Mobil Bebas Cat Dapat Menjadi Tren Di Masa Depan

oleh Tomi Rustamiaji
catmobil11Apa warna mobil yang paling populer pada tahun-tahun belakangan ini? Perusahaan Dupont, sebuah perusahaan cat terkemuka, melaporkan bahwa perak adalah pilihan utama di seluruh dunia, diikuti oleh putih dan hitam. Melihat kedepan, perusahaan ini meramalkan bitu dan emas akan terus meningkat popularitasnya, dan kuning akan muncul sebagai alternatif tren.

Tetapi sebuah perusahaan raksasa lainnya, General Electric, berpendapat bahwa otomotif masa depan mungkin tidak membutuhkan cat sama sekali. Cat bukan hanya membuat mobil terlihat bagus, tetapi juga melindungi panel badan logam dan komponen interior lain dari mobil dari kerusakan elemennya. Namun, mengecat eksterior mobil mahal dan proses yang menghabiskan waktu. Menghilangkan proses ini bukan hanya akan menurunkan harga pasar dari sebuah mobil, namun juga mengurangi emisi racun ke udara bebas.

Untuk alasan ini, para peneliti telah menyelidiki polimer-polimer yang dapat mengganti cat sebagai bahan pelapis eksterior mobil. Sebuah daftar ideal untuk sifat dari polimer yang diinginkan adalah

  • Lapisan akhir yang mengkilap atau metalik di berbagai pilihan warna
  • Anti gores
  • Tahan terhadap cairan otomotif seperti bensin dan minyak rem
  • Tahan terhadap temperatur ekstrim
  • Tahan hingga 10-15 tahun umur pemakaian di luar ruangan

Dari semua sifat ini, hal yang paling sulit untuk didapatkan adalah kemampuan tahan terhadap cuaca, terutama kemampuan untuk menahan efek degradasi dari radiasi ultraviolet. Tapi GE mengemukakan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah lapisan polimer, yang dinamai SollxTM. Produk ini memiliki ketahanan yang sama sebagai pelapis seperti ketahanan cat.

Setelah mendedahkan material ini terhadap pendedahan yang ekivalen terhadap 10 tahun sinar matahari di Florida, polimer ini mempertahan kan 95 persen dari kilapnya. Dalam tes lain, SollxTM sama dengan atau bahkan melebihi performa cat eksterior.

SollxTM ialah sejenis polimer termoplastik. Material termoplastik menjadi lunak dan dapat dibentuk ketika dipanaskan, karena rantai molekul yang bersambung bergerak dan mengijinkan adanya perubahan bentuk pada kumpulan massanya. Mendinginkan termoplastik menghentikan laju dari molekul dan memadatkan material ini. Contoh dari termoplastik termasuk diantaranya, Poly Vinyl Chloride (PVC), polikarbonat, akrilik, dan nilon. Secara spesifik, SollxTM ialah sejenis termoplastik amorf yang berarti rantai molekulernya diatur acak. Hampir sama seperti sepiring spagheti. Sebagai perbandingan terhadap polimer kristalin, yang memiliki struktur yang sangat teratur, polimer amorf sangat kuat dan tahan terhadap tumbukan. Tetapi, GE tidak menunjukkan formula SollxTM , walau ahli industri mempercayai bahwa ini sejenis polikarbonat.

SollxTM masih mahal untuk diproduksi, karena itu SollxTM akan lebih diutamakan sebagai suatu coating dibandingkan dengan plastik tahan lama. Peneliti meramalkan bahwa menggunakan produk ini akan mengurangi secara kasar harga pengecatan eksterior hingga setengahnya. GE menempatkan SollxTM pada produksi dengan kapasitas penuh di tahun 2001. Beberapa tahun kedepan, lapisan kilap di mobil favorit anda mungkin bukan hasil pengecatan biasa, namun polimer dengan teknologi tinggi.

1 Response to "Mobil Bebas Cat Dapat Menjadi Tren Di Masa Depan"

Semoga tulisan sauadar(i)ku menjadi amal ibadah yg dirahmati, amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: